Senin, 23 April 2012

Sejarah Notebook


1. Tahun 1968 – Dynabook
Alan Kay dari perusahaan Xerox Parc , mengembangkan sebuah komputer portabel (Dynabook) yang nantinya menawarkan sebuah media elektronik yang modern untuk anak-anak. Graphical Control Interface dengan icon pada komputer ini merupakan cikal bakal dari sistem operasi yang ada saat ini (Xerox Alto Computer dan Apple MacIntosh)
.

2. Tahun 1982 – GRiD Compass 1100
Bill Moggridge memperkenalkan GRiD Compass 1100 . Teknologi yang diusung oleh GRiD ini memang terdepan. Cover-nya dapat dilipat dan terintegrasi dengan sebuah flatscreen serta casing dari bahan magnaesium yang ultralight. Namun, harganya terlalu mahal sekitar US$10.000. Hanya kalangan militer AS dan NASA saja yang dapat membelinya.

3. Tahun 1983 – Compaq Portable
Notebook pertama yang kompatibel dengan IBM ditawarkan oleh Compaq . Berat dan tanpa baterai. Lantaran masih menggunakan sistem operasi MS-DOS, Notebook ini tidak populer.

4. Tahun 1984 – Gavilan SC
Touchpad pertama ditawarkan oleh Notebook Gavilan dan berada di atas keyboard. Model komputer ini sudah dilipat dan menyediakan layar LCD serta prosesor Intel 80186 yang kompatibel dengan MS-DOS.

5. Tahun 1985 – Bondwell 2
Walaupun era CP/M sudah lewat, kehadiran Bondwell 2 tetap sukses. Dengan RAM sebesar 64 KB, floppy drive 3.5 inci, dan sebuah layar LCD, Notebook ini menjadi jagoan di jamannya.

6. Tahun 1988 – Compaq SLT286
SLT286 merupakan Notebook pertama di dunia yang sudah dilengkapi dengan baterai, harddisk, dan layar LCD. Layarnya menawarkan resolusi VGA penuh. Notebook ini lebih ditujukan untuk kalangan bisnis. Tidak perlu heran, harganya hampir sama dengan sebuah mobil pada saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar