Senin, 23 April 2012

Struktur Organisasi dan Personalia


Suwarto (1999:158) dalam Tangkilisan mengemukakan bahwa suatu organisasi akan menunjukkan kinerja yang tinggi jika aspek kepemimppinan dan struktur memberikan fokus dan pengarahan dalam upaya mendorong seluruh karyawan pada suatu tujuan yang sama, yaitu tujuan organisasi. Setiap anggota organisasi harus sependapat mengenai siapa melakukan apa, dan setiap anggota harus menyumbang secara sama dalam berbagai beban kerja. Disamping itu, anggota organisasi juga menetapkan jadwal, ketrampilan yang diisyaratkan untuk dikembangkan, bagaimana mengambil dan memodifikasi keputusan-keputusan, bagaimana kelompok akan memecahkan konflik, dan bagaimana menyepakati suatu hal yang spesifik dalam pekerjaan, sehingga untuk memadukan ketrampilan individu-individu tersebut diperlukan kepemimpinan dan struktur yang tepat. 
Struktur organisasi berkaitan dengan hubungan yang relative tetap di antara tugas-tugas yang ada dalam organisasi. Proses untuk menciptakan struktur tersebut dan pengambilan keputusan tentang alternatif  struktur disebut dengan nama desain organisasi. Di dalam struktur organisasi membahas cara organisasi membagi tugas di antara anggota-anggota organisasi dan menghasilkan koordinasi di antara tugas-tugas tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar