Senin, 10 Juni 2013

Cara Mudah Atasi LCD Ponsel yang Blank


Kali ini akan sedikit mengulang topik sebelumnya.  tentang cara memperbaiki lcd ponsel.Semakin canggih ponsel dengan kemampuan yang beragam membuat fungsi LCD semakin komplek.Layar LCD dengan teknologinya yang semakin canggih digunakan sebagai tampilan untuk mengetikkan pesan,camera,main game hingga nonton TV.
Bisa dibayangkan apa jadinya jika LCD kita blank?yang ada hanya tampil layar putih saja,atau blank hitam.Bisa deipastikan ponsel tak bisa digunakan lagi meski telah dihidupkan berkali kali karena fungsi LCD pada ponsel memiliki peranan yang sangat penting.
Disini saya akan sedikit berikan cara yang mudah dan gampang untuk mengatasi LCD ponsel yang blank dengan cara sebagai berikut:
1.Setting kontras dengan benar,kita bisa menggunakan software repair atau masuk kemenu display untuk mengembalikan ke settingan semula.
2.Jika kerusakan LCD ponsel disertai tidak bisa melakukan panggilan keluar,sementara kondisi awal sinya OK,biasanya kerusakan tersebut diakibatkan karena masalah software.Jadi langkah yang pertama lakukan flashing ulang saja.
3.Cek koneksi antara LCD dengan PCB,pastikan terhubung dengan benar.
4.Bersihkan kotoran atau karat yang merekat pada PCB atau LCD ponsel.
5.Lakukan perbandingan atau pengetean dengan menggunakan LCD baru.
6.Lakukan pengecekan pada komponen pendukung pada rangkaian LCD terutama lilitan atau coil.
7.Lakukan pengganjalan dengan menggunkan sponge busa untuk mempresisikan kedukan kaki kaki ic,karena kemungkinan terjadi bad konek pada kaki Ic.
Selanjutnya adalah tips merawat LCD:
1.Jangan terlalu sering ponsel anda terkena goncangan(kecuali pada tipe ponsel yang tahan goncang seperti pada merk tertentu),jika terlalu dibiarkan lcd akan mengalami kerusakan.
2.Usahakan jangan samapai LCD ponsel andatertekan atau ditekan.JIka sampai dalam kondisi tertekan LCD akan mengeluarkan cairannya yang mengakibatkan LCD blank.
3.Usahan jangan sampai LCD terkena sinar matahari langsung,maupun terkena panas atau terkena suhu yang terlalu dingin.Karena akan mengurangi kinerja dan kualitas kristal cair pada LCD tersebut.
4.Jika anda akan mengganti casing carilah casing yang ukurannya pas dengan casing original.Jarak casing non orignal umumnya terlalu dekat dan cenderung menekan layar LCD ponsel.Jadi perhatikan jarak casing depan dengan layar LCD anda.
5.Untuk membersihkan kaca(plastik) depan LCD sebaiknya menggunakankain yang halus denganair secukupnya.Kalau kotoran yang berminyak sebaiknya menggunakan tissue basah saja untuk membersihkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar