Jumat, 07 Juni 2013

Panen dan Pasca Panen Wortel


1.      Panen wortel
Panen merupakan kegiatan akhir dari budidaya wortel yang sangat dinantikan oleh penanam.
Ciri-ciri tanaman wortel yang sudah saatnya dipanen adalah sebagai berikut :
a.     Tanaman wortel berumur ± 3 bulan sejak sebar benih atau tergantung varietasnya.
b.    Ukuran umbi telah maksimal dan tidak terlalu tua. Panen yang terlalu tua atau terlambat dapat menyebabkan umbi menjadi keras dan berkayu, sehingga kualitasnya rendah atau tidak laku dipasarkan. Demikian pula panen terlalu awal hanya akan menghasilkan umbi berukuran kecil-kecil, sehingga produksinya (rendah).
Cara panen wortel relatif gampang, yaitu dengan mencabut seluruh tanaman bersama umbinya. Tanaman yang baik dan dipelihara secara intensif dapat menghasilkan umbi antara 20-30 ton per hektare.
2.      Panca panen wortel
Sesuai panen umbi wortel petani perlu segera melakukan penanganan pasca panen. Kebiasaan pokok penanganan pasca panen adalah sebagai berikut :
a.     Pengumpulan hasil
Kumpulkan seluruh rumpun (tanaman) wortel yang usai dipanen pada suatu tempat yang strategis, misalnya dipinggir kebun yang teduh, atau digudang penyimpanan hasil
b.    Pembersihan
Bersihkan tiap umbi wortel dari daun, tangkai, akar, maupun tanah yang masih menempel. Tangkai daun disisakan secukupnya.
c.     Pencucian
Cuci umbi wortel pada saluran air yang mengalir, atau dalam bak dengan cara disemprot air.
d.    Penirisan
Tiriskan umbi ditempat yang kering atau rak-rak penirisan.
e.     Seleki dan klasifikasi
Pilih umbi yang baik sambil memisahkan umbi yang rusak, cacat, ataupun busuk secara tesendiri. Klasidikasikan umbi wortel yang baik berdasarkan ukuran dan bentuknya yang seragam.
f.      Penyikatan
Ikat umbi menjadi ikatan-ikatan tertentu. Sehingga praktis dalam pengangkutan dan penyimpanannya. Potong sebagian tangkai daun untuk disisakan sekitar 15-20 cm.
b.    Penyimpanan
Simpan hasil panen wortel dalam wadah atau ruangan yang suhunya dingin dan berventilasi baik.
c.     Pemasaran
Angkut hasil panen wortel ke pasar denan menggunakan alat angkut yang tersedia di daerah setempat. Pasarkan wortel kepada pedagang atau pelaku tata niaga yang memberikan harga paling menguntungkan.


 





Wortel
Gambar 1. Diagram Alur Pasca Panen Wortel

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar