Jumat, 12 Juli 2013

Upgrade RAM Acer Aspire 4720z


Apakabar semua? Ketemu lagi di seri artikel seputar Acer 4720z.
Kali ini saya ingin sharing pengalaman upgrade RAM acer ini menjadi 2 GB dimana RAM bawaannya adalah 512 MB saja.
Semakin hari rasanya RAM bawaan ini tidak bisa menyokong lagi aplikasi yang sudah terinstall. Setelah di cek dari CTRL + ALT + Del didapat memori terpakai hampir 512 MB bahkan mesti pakai paging file dari hardisk. Akhirnya saya putuskan utnuk upgrade RAM ke bilangan 2 Giga.
Setelah jalan-jalan ketemu RAM merk visipro yang lifetime garansi sebesar 2 Giga , 1 keping aja. Pertimbangannya siapa tahu ada duit, nanti bisa nambah 2 Giga lagi karena total ada 2 slot pada acer 4720z ini. Harga seputaran Rp.310.000 ( harga bulan mei 2009)
Karena saat ini masih pakai win XP sp2 , maka ram 2 Gb rasanya sudah sangat cukup. Lain halnya kalau pakai Vista, ram 4 Giga bakal dilalap juga.
Mulai memasang keping ram dengan membuka tutup bawah laptop, dimana posisi laptop harus dalam keadan OFF. Buka baut-baut pada tutup paling besar yang ada, rasanya ada 6 baut saja. Robek pelan-pelan stiker garansi dengan cutter ( oh..my god), untung punya ku sudah habis garansi. Tarik ke arah kanan, karena disisi kanan ada 3 kait penahan kecil. Lepas ram yang lama, masukkan ram yang baru sampai bunyi klik. Coba hidupkan laptop, tapi jangan ditutup dulu. Bila sudah OK, tutup dan pasang bautnya.
Setelah RAM 2 giga tepasang , saya lakukan pengecekan dari control panel => System. Disana tertera : 800 MHz, 1,99 GB of RAM.
Sebagai saran, RAM 512MB merek Samsung bawaan si acer ini bisa dijual, terutama untuk sesama pemilik Acer aspire 4720 dan variannya yang masih 512MB sehingga totalnya menjadi 1 GB. Jual aja seharga Rp 75rb, pasti banyak yang mau. Jual di www.kaskus.us , sudah pada tahu kan tempatnya. Milik saya aja dalam 1 jam sudah laku
Jadi ringkasnya seperti ini :
- RAM awal 512 MB merek samsung
- Belikan 1 keping RAM merek visipro 2 GB ( Rp. 310rb)
- Pasang ram dalan keadaan laptop OFF
- Test hidupkan dulu, bila jalan baru ditutup
- Ada 2 slot RAM yang ada, berarti sisa 1 slot kosong.
- Jual RAM 512 tsb, seharga Rp 75rb

Selamat, Acer 4720z ku makin menjadi kesayangan dan sahabat kerja yang sejati

Original Source: http://www.balijb.com/

1 komentar: