Thursday, December 19, 2024

Finalisasi GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api), KAI Informasikan Pembaruan Pemesanan Tiket KA Pada Februari 2025



KAI menginformasikan terkait belum dapat dilayaninya pemesanan tiket kereta api untuk perjalanan Februari 2025. Hal ini terjadi karena KAI bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub tengah melakukan finalisasi Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2025. Gapeka  merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukan stasiun, waktu, jarak, kecepatan dan posisi perjalanan KA dari mulai berangkat, bersilang, bersusulan dan berhenti, dimana digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan KA.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan bahwa dalam proses finalisasi GAPEKA 2025 terdapat beberapa penyesuaian perjalanan dan jadwal kereta api yang memerlukan perhatian khusus.

“Kami memahami bahwa pelanggan membutuhkan kepastian jadwal perjalanan, finalisasi GAPEKA ini bertujuan untuk  meningkatkan pelayanan operasional sesuai kebutuhan masyarakat kedepannya,” ujar Anne Purba.

Saat ini, proses penyesuaian jadwal perjalanan untuk Februari 2025 masih berlangsung. Pemesanan tiket kereta api untuk perjalanan bulan Februari kemungkinan akan mulai dilayani minggu pertama Januari atau H-30 sebelum keberangkatan.  Hal ini disebabkan oleh rencana pemberlakuan GAPEKA baru yang akan efektif mulai 1 Februari 2025. Perlu dicatat, tidak semua jadwal perjalanan kereta api akan langsung tersedia pada hari pertama pembukaan pemesanan tiket.

KAI akan terus memberikan informasi terkini terkait proses ini. Para pelanggan diimbau untuk terus memantau update melalui saluran informasi resmi KAI pada website resmi kai.id, serta media sosial resmi KAI @KAI121.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh pelanggan, dan kami berharap finalisasi GAPEKA 2025 ini dapat mendukung peningkatan kualitas layanan secara menyeluruh,” tambah Anne Purba.

Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon 121 atau media sosial resmi KAI.


VP Public Relations KAI
Anne Purba

  Siaran Pers
19 Desember 2025


sumber : https://www.kai.id/information/news/press-release

No comments:

Post a Comment