Apa perbedaan sekretaris
umum dengan sekretaris pribadi? Jelaskan dan beri contoh.
Jawaban:
Pengertian Sekretaris:
Kata sekretaris berasal dari Bahasa Latin yaitu secretum yang
artinya rahasia. Dalam Bahasa Perancis disebut secretaire, dalam Bahasa Belanda
yaitu secretares,
sedangkan dalam Bahasa Inggris disebut secretary yang berasal dari kata secret yang
berarti rahasia. Sesuai dengan asalnya, maka seorang sekretaris harus bisa
menyimpan rahasia dalam arti rahasia perusahaan atau yang tidak perlu diketahui
oleh orang lain atau para pegawai.
Pengertian sekretaris menurut beberapa ahli:
1. Norma Davis dan
Black Burn
Mendefinisikan sekretaris sebagai berikut seseorang
yang dapat dipercaya memegang rahasia atau memperoleh kepercayaan dari atasan untuk
menangani masalah surat menyurat dan mengatur pekerjaan rutin, terperinci untuk
atasan.
2. Menurut C. L Barhart
Sekretaris adalah:
a.
Seorang yang melakukan korespondensi, memelihara
warkat, dan lain- lain untuk perorangan atau organisasi.
b.
Seorang kepala pejabat pemerintah yang mengawasi dan
memimpin suatu departemen pemerintahan tertentu: Menteri Luar Negeri.
c.
Sebuah perabotan untuk dipakai sebagai meja tulis.
d.
Sebuah meja dan
rak buku diatasnya.
Perbedaan
sekretaris umum dengan sekretaris pribadi:
Ø Sekretaris
umum
Sekretaris umum adalah sekretaris yang berfungsi sebagai Office
manager karena
secara formal menjalankan fungsi manajer yang ruang lingkupnya meliputi
semua aspek kegiatan kantor. Sekretaris Organisasi sering disebut Executive
Secretary dan memiliki pegawai atau karyawan. Sebagai Executive
secretary harus paham akan tujuan-tujuan, prinsip-prinsip, azas-azas
manajemen serta organisasi dengan baik. Paham mengenai sifat urusannya sehingga
mampu merencanakan, menyusuan struktur dan tata organisasi (sekretariat) dengan
baik
Tugas-tugas sekretaris umum:
a) Tugas
rutin
Tugas rutin yaitu tugas-tugas yang harus
dikerjakan setiap hari tanpa memerlukan perintah khusus, perhatian khusus atau
pengawasan khusus.
Misalnya:
o Tugas
membuka surat
o Menerima
tamu
o Menyimpan
surat/arsip
o Menerima
telepon
o Menyusun
dan membuat jadwal pimpinan.
b) Tugas-tugas
khusus
Tugas-tugas khusus yaitu tugas-tugas yang diperintahkan oleh
pimpinan dengan penyelesaian secara khusus dengan dimintai pendapatnya,
pertimbangan dan pengalamannya. Tugas tersebut diberikan karena adanya unsur
kepercayaan bahwa sekretaris mampu menyimpan kerahasiaan tugas.
Misalnya:
o
Menyusun surat-surat rahasia
o
Menyusun acara
pertemuan bisnis
o
Mengonsep surat
perjanjian antara perusahaan dengan rekanan
o
Mengurus perjalanan bisnis /dinas pimpinan dan
sebagainya.
c) Tugas-tugas
istimewa.
Tugas-tugas istimewa yaitu tugas-tugas yang
menyangkut keperluan pimpinan antara lain.
o
Memeriksa hasil pengumpulan dan/uang atau uang
muka dari instansi yang diberikan sebagai dana kesejahteraan
- Menghadiri rapat-rapat dinas, sebagai pendamping pimpinan selama mengadakan pertemuan bisnis
- Membetulkan letak alat-alat tulis pimpinan beserta perlengkapan yang diperlukan.
- Bertindak sebagai penghubung untuk meneruskan informasi kepada para relasinya.
- Mengingatkan pimpinan membayar iuran atau asuransi dari suatu badan
Contoh
sekretaris umum: Sekretaris Jenderal, Sekretaris Inspektorat Jenderal,
Sekretaris Wilayah, Sekretaris Dewan , Sekretaris Yayasan, Sekretaris dalam
perusahaan (business secretary).
Ø Sekretaris
pribadi
Sekretaris pribadi adalah sekretaris yang hanya bekerja sebagai pembantu
pimpinan dan sebagai mediator (perantara) pimpinan.
Pengertian sekretaris pribadi menurut beberapa ahli:
1.
Menurut W.J.S. Poerwodarminto
Sekretaris pribadi adalah orang yang menjadi pembantu orang lain untuk
mengerjakan tulis-menulis (surat menyurat, mencatat pembicaraan, dsb).
2.
Menurut Drs. Sutiyoso
Sekretaris pribadi adalah sekretaris untuk seorang pemimpin yang berperan
semata-mata sebagai seorang pembantyu dan tidak membawakan orang lain.
Sekretaris
pribadi bukanlah manajer dan tidak mempunyai anak buah. Sekretaris Pribadi
merupakan tangan kanan pimpinan. Ia harus mampu mencegah pimpinan agar jangan
sampai kelebihan beban atau persoalan kecil yang kurang penting, sehingga
pimpinan dapat berkonsentrasi pada persoalan yang lebih penting. Oleh karena
itu ia harus berusaha mengenal sifat dan pribadi pimpinannya, adat kebisaaan,
kegemaran /hobby, kelebihan dan kekurangan dan melindungi pimpinan agar jangan
sampai terjerumus, cara dan kemampuan kerjanya, keperluan dalam melaksanakan
tugasnya sehingga pekerjaanya menjadi lebih baik. Sebagai sekretaris pribadi
tidak berarti bahwa ia tidak bertanggung jawab kepada unit kerjanya, tetapi ia
tetap terikat kepada status kepegawaiannya.
Contoh sekretaris pribadi:
-
Sekretaris Direktur
-
Sekretaris Manajer
-
Sekretaris Rektor.
Kayanya lebih enak jadi sekretaris pribadi yah. Cukup fokus dengan satu titik kalo sekretaris umum harus fokus ke seluruh aspek Sewa kantor
ReplyDeleteTerima kasih atas kunjungannya. Mungkin juga lebih enak jadi sekretaris pribadi namun di satu sisi juga tetap harus fokus dengan objek tugasnya yaitu pribadi pimpinan yang sangat perlu diperhatikan sekali selama dalam masa tugas/kerja bahkan terkadang jadi sekretaris pribadi bisa menyamai pendamping layaknya istri yang menemani selama pimpinan sedang bekerja. Jika nyaman dengan kondisi tersebut tentu lebih enak. itu bila didasarkan atas fokus kerjanya saja. Untuk sekretaris umum sebenarnya bukan tidak enak sebab dalam menjalankan tugasnya bisa saja dibantu oleh assisten atau pegawai lainnya untuk mempermudah menjalankan pekerjaannya tidak seperti sekretaris pribadi yg bertanggung jawab tentang pribadi pimpinan maka tanggung jawab sekretaris umum punya tanggung jawab yg lebih besar yaitu tentang lembaga/perusahaan yg ditanganinya.
DeleteSemoga bermanfaat.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletemenarik
ReplyDeleteBoss saya jadi sekretaris pribadi kepala dinas . Tapi sayaasih bingung mau ngapain . Tugas tugas buat saya juga nggak ada . Mohon boss saran nya buat saya
ReplyDeleteBetul, saya sekretaris direktur di salah satu perusahaan X dan tugasnya lebih terarah dan fokus pada job description yang diperintah langsung oleh CEO. Thanks ilmunya Pak
ReplyDeleteBetul, kebetulan di usia muda saya, saya diangkat menjadi sekretaris pribadi yang belum ada pengalaman apapun, rasanya cukup melelahkan.
ReplyDeleteSelain mencatat pembicaraan apalagi sih Peran Fungsi dan Tugas Sekpri..???
ReplyDeleteTerkait Surat menyurat... sy rasa ini harus lewat TU baru boleh.
ReplyDeletesekretaris pribadi ga punya staf ya pak
ReplyDeletesaat lulus sma apa bisa jadi sekretaris pribadi seorg ceo?
ReplyDeleteapa seorang s3kretaris boleh sambil kuliah??
ReplyDeleteIjin bertanya : apakah menulis biografi atasan juga termasuk ke dalam tugas sekertaria pribadi ? Mohon pencerahannya. Terimakasih
ReplyDeleteApakah ada perbedaan antara sekretaris umum dan sekretaris jendral?
ReplyDeleteKalau ada mohon jelaska perbedaannya, di tinjau dari fungsi dan kedudukannya secara kelembagaan
saya jadi sekretaris CEO di perusahaan udah 2 tahun tugas saya cuma mencatat, ngobrol, tidur abis itu udah gitu doang saya ngarang
ReplyDeleteYES
ReplyDeleteapa saja tugas pokok sespri kepala dinas?
ReplyDelete