Senin, 07 Oktober 2013

Pertanyaan Seputar Indonesian Idol 2014

Bagaimana Cara Ikut Audisi Indonesian Idol 2014?

Ada 2 cara untuk ikut audisi INDONESIAN IDOL 2014, yaitu:
  1. Mendaftar dengan cara walk-in, yaitu datang langsung ke lokasi audisi
  2. Mendaftar lewat registrasi online.

Apakah Bisa Mendaftarkan Orang Lain Lewat Registrasi Online?

Bisa. Ada 2 jenis registrasi online, yaitu:
  1. Mendaftarkan diri sendiri lewat registrasi online
  2. Mendaftarkan orang lain lewat registrasi online.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Diri Sendiri Lewat Registrasi Online?

Cara mendaftarkan diri lewat Registrasi Online yaitu:
  1. Masuk ke website www.indonesianidol.com. Pilih menu Mendaftarkan Diri Sendiri
  2. Mengisi semua pertanyaan secara lengkap dan benar
  3. Selesai mengisi, jangan lupa tekan submit
  4. Tunggu balasan email dari kami. Cetak (print) email tersebut dan catat nomor registrasinya. Simpan cetakan (print) email ini dan nomor registrasinya untuk dibawa pada saat audisi. Tanpa bukti email dan nomor registrasi, kamu akan harus mendaftar ulang di lokasi audisi.

Bagaimana Cara Mendaftarkan Orang Lain Lewat Registrasi Online?

Cara mendaftarkan orang lain lewat Registrasi Online yaitu:
  1. Masuk ke website www.indonesianidol.com. Pilih menu Mendaftarkan Orang Lain
  2. Mengisi semua pertanyaan secara lengkap dan benar
  3. Pastikan orang yang kamu daftarkan TIDAK TAHU kalau kamu mendaftarkan dia ikut audisi Indonesian Idol 2014
  4. Upload video rekaman vokal orang yang kamu daftarkan
  5. Selesai mengisi, jangan lupa tekan submit
  6. Jika sampai tanggal 10 Desember 2013 kamu belum ditelepon produser Indonesian Idol 2014, maka itu berarti orang yang kamu daftarkan tidak lolos seleksi.

Siapa Saja Yang Bisa Ikut Audisi?

Yang bisa ikut audisi adalah:
  1. Warga Negara Indonesia, berusia 16 – 27 tahun
  2. Memiliki kemampuan bernyanyi
  3. Bersedia mengikuti kompetisi sampai selesai.

Siapa Saja Yang Boleh Mendaftarkan Orang Lain?

Yang boleh mendaftarkan orang lain:
  1. Siapa saja, tanpa batasan umur dan kewarganegaraan
  2. Bersedia memberikan informasi tentang data diri orang yang didaftarkan
  3. Bersedia mengirimkan video rekaman vokal orang yang didaftarkan
  4. Bersedia jika sewaktu-waktu diminta shooting.

Apa Persyaratan Video Rekaman Vokal Orang Yang Didaftarkan?

  1. Durasi total video adalah selama atau tidak lebih dari 120 detik (2 menit).
  2. Video yang diunggah dapat berformat MOV, MPEG4, AVI, WMV, MPEGPS, FLV, 3GPP, atau WebM.
  3. Video sebaiknya hanya berupa rekaman vokal saja, tanpa iringan alat musik atau instrumen musik apapun.
  4. Video yang diunggah sebaiknya dibuat tahun 2013.

Apa Yang Harus Dipersiapkan Peserta Saat Datang Ke Lokasi Audisi?

Yang harus dipersiapkan saat datang ke lokasi audisi:
  1. Standby di lokasi audisi sejak pagi hari, karena siapa yang berdiri paling depan akan masuk duluan
  2. Siapkan Kartu Identitas (KTP / Kartu Pelajar / SIM / Paspor) dan alat tulis
  3. Bagi yang sudah registrasi online, bawalah print email yang kami kirim dan catatan nomor registrasi
  4. Siapkan setidaknya 10 lagu untuk dinyanyikan di depan juri
  5. Siapkan makanan dan minuman untuk diri kamu sendiri. Proses audisi bisa berlangsung seharian, dan belum tentu ada penjual makanan dan minuman di luar/dalam area audisi
  6. Siapkan obat-obatan pribadi, seperti obat sakit kepala, sakit perut, obat asma, obat alergi dsb.

Apakah Peserta Yang Sudah Mendaftar Lewat Registrasi Online Pasti Diperboleh Ikut Audisi?

Registrasi online hanya untuk mempercepat proses pendataan di lokasi audisi, jadi BUKAN jaminan bahwa kamu pasti bisa ikut audisi. Hal ini bergantung pada banyaknya orang yang datang pada saat audisi. Jika ada calon peserta yang datang belakangan dan audisi hari itu telah ditutup, maka calon peserta tidak diperbolehkan masuk ruang audisi, walaupun sudah registrasi online. Jika besok masih ada audisi, maka disarankan datang esok hari.

Apa Yang Terjadi Jika Datang Terlalu Siang Ke Lokasi Audisi?

Jika kamu datang siang, kamu mungkin tidak punya kesempatan untuk ikut audisi. Karena kami melayani siapa saja yang datang duluan ke lokasi audisi. Untuk berjaga-jaga dari barisan yang sangat panjang, sebaiknya kamu datang sebelum pukul 6.00 pagi pada hari audisi.

Kapan Audisi Hari Itu Akan Ditutup

Audisi akan ditutup, jika Produser merasa sudah mendapat cukup peserta yang bisa dilayani hari itu. Jadi tidak ada ketentuan harus jam berapa. Setiap hari, setiap kota akan berbeda, tergantung banyaknya peserta yang datang.

Apa Keuntungannya Mendaftar Lewat Registrasi Online?

Keuntungan mendaftar lewat registrasi online, peserta akan dilayani lebih cepat dibandingkan peserta yang walk in (mendaftar di lokasi audisi), karena Tim INDONESIAN IDOL 2014 sudah memiliki data diri orang tersebut.

Berapa Kali Dalam Sehari Peserta Diperbolehkan Ikut Audisi?

Sebelum masuk ruang audisi, peserta akan distempel. Stempel berguna untuk menandai peserta yang ikut audisi hari itu. Jadi di pintu masuk ruang audisi ada petugas yang akan memeriksa apakah peserta tersebut sudah ikut audisi hari itu atau belum. Jika sudah, maka peserta dipersilakan pulang dan kesempatan diberikan kepada peserta yang belum ikut audisi hari itu.

Dimana Audisi Dilaksanakan?

Audisi terbuka dilakukan di Medan, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Padang, dan Makasar. Audisi tertutup dilakukan di Balikpapan, Ambon, Jember, Malang, Madiun, Solo, Purwokerto, Cirebon, dan Sukabumi. Disebut audisi tertutup, karena sebelumnya calon peserta harus mendaftar dulu ke radio-radio yang telah ditunjuk oleh Tim INDONESIAN IDOL 2014. Selalu periksa website kami untuk keterangan lebih lengkap.

Kenapa hanya ada 5 pilihan kota audisi di Formulir Pendaftaran online?

Di Formulir Pendaftaran online hanya ada 5 pilihan kota audisi yaitu Medan, Bandung, Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya. Sementara untuk audisi kota Padang dan Makasar, peserta diminta datang langsung ke lokasi audisi, tanpa melakukan pendaftaran online terlebih dahulu.

Berapa Hari Audisi Tiap Kota Dilaksanakan?

Setiap kota memiliki waktu audisi yang berbeda-beda, tergantung kebijakan Produser. Padang, Balikpapan, Makasar dan Ambon masing-masing 1 hari. Medan, Bandung, Yogya dan Surabaya masing-masing 2 hari. Sementara Jakarta 3 hari. Selalu periksa website kami untuk keterangan lebih lengkap.

Apakah Peserta Akan Dimintai Biaya Untuk Audisi Dan Formulir Pendaftaran?

Tidak. Audisi gratis. Formulir pendaftaran juga gratis.

Apakah Akan Ada Biaya Parkir Di Lokasi Audisi?

Ya, kamu akan mengeluarkan biaya untuk parkir di lokasi audisi. Biaya ditentukan oleh masing-masing lokasi. Kami tidak punya wewenang apa-apa untuk menentukan biaya parkir dan fasilitas yang tersedia. Kamu harus mengikuti aturan yang berlaku.

Apakah Nanti Di Lokasi Audisi Akan Ada Tempat Untuk Membeli Makanan Dan Minuman?

Situasi di tiap-tiap lokasi audisi berbeda-beda. Ada lokasi yang banyak penjual makanan dan minuman, tapi ada juga yang tidak ada. Penjual makanan dan minuman kalaupun ada biasanya hanya ada di luar lingkungan audisi. Karena itu pastikan kamu membawa makanan dan minuman dalam tas. Tapi sebaiknya makan dulu sebelum masuk dalam antrian untuk menjaga stamina.

Berapa Lama Proses Audisi Berlangsung?

Audisi mungkin akan berlangsung seharian, tergantung keputusan Produser.

Apakah Peserta Diperbolehkan, Ikut Audisi Di Lebih Dari 1 Kota?

Kamu diperbolehkan melakukan audisi di lebih dari 1 kota.

Apakah Peserta Diperbolehkan Membawa Teman Atau Anggota Keluarga Yang Lain Ke Audisi?

Peserta audisi tidak boleh membawa teman atau keluarga selama proses audisi. Kalaupun mereka mengantar ke lokasi audisi, hanya diperkenankan menunggu di luar area audisi.

Apakah Peserta Diperbolehkan Membawa Alat Musik Saat Audisi?

Kamu bisa saja membawa alat musik saat audisi sebagai instrument berlatih. Tapi saat bernyanyi di depan juri, kamu belum tentu diperkenankan menggunakan alat musik yang kamu bawa. Semua tergantung kebijakan Produser. Alat musik yang kamu bawa merupakan tanggung jawab kamu. Tidak ada fasilitas penitipan barang di lokasi audisi.

Jika Memiliki Manajer Untuk Kebutuhan Entertainment Atau Kontrak, Apakah Diijinkan Audisi?

Jika kamu sampai ke babak Eliminasi, kamu harus mampu menjelaskan ke Produser bahwa kamu tidak memiliki perjanjian baik tertulis ataupun tidak berupa:
  • Kontrak untuk talent
  • Kontrak rekaman musik
  • Perjanjian lain yang terkait dengan nama dan suara
  • Kontrak dengan publisher musik
  • Kontrak ekslusif untuk acting
  • Kontrak-kontrak lain yang berkaitan dengan hal tersebut, sesuai kebijakan Producer.

Jika Sudah Punya Album, Apakah Peserta Diperbolehkan Ikut Audisi?

Siapapun bisa ikut audisi, asalkan tidak sedang terikat kontrak dengan label rekaman tertentu.

Apa Yang Bisa Dibawa Peserta Ke Lokasi Audisi?

Berikut adalah daftar barang yang bisa kamu bawa ke lokasi. Jika ada barang yang tidak tercantum di bawah ini, Produser dan petugas audisi memiliki hak untuk mengambil barang tersebut dari kamu. Barang-barang yang Kamu bawa merupakan tanggung jawab kamu, dan tidak ada fasilitas penitipan barang di lokasi audisi.
  • banners
  • selimut
  • botol minum
  • HP
  • Kamera foto (bukan video kamera)
  • Topi
  • Tas kecil
  • Dompet
  • Payung kecil
  • Sunglass
  • Sunscreen
  • Handuk kecil
  • Kostum / Pakaian ganti
  • Parfum/cologne/body spray
  • Obat-obatan pribadi.

Apa Yang Tidak Boleh Dibawa Peserta Selama Audisi?

Berikut adalah daftar barang yang TIDAK BOLEH kamu bawa ke lokasi audisi. Walaupun ada barang yang tidak tercantum di daftar di bawah ini, Produser dan petugas audisi berhak mengambil barang tersebut dari kamu. Orang yang membawa barang-barang yang dilarang berhak untuk di diskualifikasi.
  • minuman beralkohol
  • hewan
  • lilin, kembang api, petasan, dan barang-barang yang mudah terbakar lainnya
  • botol beling
  • obat-obatan terlarang
  • video kamera
  • senjata (termasuk pisau saku, samurai, dll)
  • Aksesoris yang bisa membahayakan orang lain (misalnya, rantai tebal, pakaian berpaku-paku dsb)
 
 Sumber: Idol 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar