Kantor diartikan sebagai tempat untuk bekerja seseorang
dengan menggunakan peralatan, seperti
tulis, mesin hitung, pensil/pulpen dan alat tulis lainnya dan perlengkapan
kerja seperti meja, kursi almari, telpon dll.
Kantor dilakukan pekerjaan-pekerjaan yang meliputi
pekerjaan dan pemikiran dan ketatausahaaan, segala macam rencana keputusan dan
hasil pemikiran lain tidak akan terwujud tanpa melalui proses ketatausahaan,
dan ketatausahaan tidak mungkin menghasilkan sesuatau yang bermanfaat tanpa
dibimbing atau diarahkan oleh pikiran sebelumnya
Pemikiran Pelaksanaan 1. Pekerjaan Tatausaha
2. Pekerjaan lapangan
Keterangan
-
Pemikiran, perencanaan, dituangkan sebagai kebijaksanaan yang harus
diwujudkan.
-
Perwujudan dan kebijaksanaan ialah pelaksanaan yang terdiri atas dua
bentuk.
1. pelaksanaan
administratip (tatausahaan).
2. pelaksanaan
operatip (lapangan).
Tanpa pekerjaan administratip,
pekerjaan operatip tdak mungkin diwujudkan.
Contoh:
Pimpinan memberikan Sk kepada bawahan, untuk pelaksanaan
atas putusan tersebut dibuat konsep surat
keputusan kemudian di ketik ditanda tangani oleh yang berwenang diberi nomer
dan tanggal. diamplopi, dicatat dalam buku pengiriman dan dikirim kepada Osi ,
kemudian orang tersebut baru melaksanakan pekerjaannya.
Didalam pekerjaan ketatausahaan di dalam kantor ikut
memegang kunci kelancaran dan efisiensi pekerjaan, kelambatan pekerjaan
administratip mengakibatkan juga kelambatan pekerjaan operatip dan menimbulkan
kerugian-kerugian, baik waktu, biaya, daya dan frekwensi kerja.
Pekerjaan ketatausahaan merupakan bagian kecil dalam
pekerjaan kantor secara keseluruhan, karena pekerjaan tatausaha ini menyelinap
di setiap pekerjaan dan struktur, maka perananya cukup penting dan perhatian
yang sungguh-sungguh dari pimpinan.
Oleh karena itu pembinaan dan koordinasi pekerjaan-pekerjaan di dalam
kantor harus dilakukan dengan kesungguhan dan pengetahuan yang cukup, sehingga berjalan dengan lancar. Hal itu merupakan
tugas bagi setiap pimpinan dari atas sampai bawah terutama pimpinan kantor (
office manager).
Pengetahuan dan pengurusan terhadap masalah-masalah
perkantoran makin diperlukan adanya perkembangan ilmu-ilmu pengetahuan baik
ilmu manajemen itu sendiri maupun tehnologi khusus dalam bdang mesin-mesin
penunjang pekerjaanperkantoran.
Dengan
diketemukannya mesin-mesin komputer yang menjadi penunjang effektip sampai saat
ini dalam pekerjaan-pekerjaan perkantoran (data proccessing, data analyzing)
alat-alat komunikasi mutahir, metode-metode baru seperti network planning, PERT
dan lainlain, menuntut kemampuan yang sesuai bagi pimpinan .
Pengertian Manajemen perkantoran (office
management)
Istilah Administrasi telah diterapkan lebih banyak bagi
tindakan dalam urusan-urusan negara dan istilah manajemen lebih banyak bagi
urusan-urusan perusahaan, pada akhir –akhir ini terdapat kecenderungan untuk
manajemen dipergunakan dalam derajat yang telah luas bagi urusan-urusan negara.
Hal ini terjadi mungkin karena penerapan-penerapan proktek-praktek manajemen
perusahaan yang semakin meningkat di bidang administrasi negara.
Arthur Grager berpendapat : Office managements the
funtion of administering the communication and record services of organization. (Manajemen perkantoran adalah fungsi
tatapenyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat dari suatu
organisasi).
Menurut William Leffingwell & Edwin Robinson.
“Office management as a funcion, is that branch of the art
and science of manjement wich is concerned with the efficeent performance of
office work, whenever and whrener that work is to be done”
(Manajemen perkantoran sbg suatu fungsi adalah cabang dari
seni dan ilmu manajemen yang berkenaan dng pelaksanaan pekerjaan perkantoran
secara efisien, bilamana dan dimanapun pekerjaan harus dilakukan).
Pendapat Edwin Robinson:
“Office management is concerned with the direction and
supervision of office work”
(Manajemen perkantoran berkenaan dengan pengarahan
dan pengawasan terhadap pekerjanaan perkantoran),
Menurut George Terry: Manajemen perkantoran dapat
didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan
perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai
tujuan-tujuan yang telah ditentukan lebih dahulu.
No comments:
Post a Comment