Jumat, 07 November 2014

Penerimaan

Penerimaan total (Total Revenue) merupakan hasil kali antara harga barang dan jumlah barang yang dijual atau diminta, sedangkan penerimaan marginal (Marginal Revenue) merupakan perubahan penerimaan total sebagai akibat perubahan satu satuan barang yang diminta [1]
TR = P x Q       ........................................................................(2)
Di mana :
TR     = penerimaan total
P       = harga
Q       = kuantitas

Dalam kegiatan produksi, suatu perusahaan bertujuan untuk menghasilkan laba dan perilaku suatu perusahaan diarahkan untuk memaksimalkan laba. Laba adalah selisih antara penerimaan total dengan biaya total [2].
Laba = penerimaan total – biaya total
Penerimaan total adalah jumlah yang diterima dari penjualan produk. Jumlah itu sama dengan jumlah unit yang terjual (Q) dikali dengan harga per unit yang diterima (P). Biaya total adalah biaya yang mencakup (1) biaya yang dikeluarkan, (2) biaya peluang penuh dari semua masukan (input) atau faktor produksi.
Biaya yang dikeluarkan (out of pocket) disebut juga biaya eksplisit atau biaya akuntansi. Sedangkan, biaya ekonomi mencakup biaya peluang penuh dari setiap masukan (input). Biaya peluang ini sering disebut sebagai biaya implisit.
Istilah laba mulai saat ini merujuk pada laba ekonomi. Maka laba = total penerimaan – total biaya, adalah menjadi sebagai berikut :
Laba = penerimaan total – total biaya ekonomi



[1] Ibid., hlm. 29-30.
[2] Karl. E. Case, dan Ray. C. Fair, 2007, Prinsip – Prinsip Ekonomi Mikro, Edisi Ketujuh, terjemahan Barlian Muhammad, PT. Macanan Jaya Cemerlang, Jakarta, hlm.163. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar