Jumat, 07 November 2014

Pengelolaan Pantai Indah Widarapayung

Mengenal Wisata Pantai Indah Widarapayung
Kabupaten Cilacap merupakan wilayah yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa yang merupakan salah satu kota industri besar yang ada di Jawa Tengah dan sedang gencar mengembangkan industri pariwisata, khususnya industri bahari (berkaitan dengan pantai). Hal ini didasarkan pada banyaknya pantai yang layak dikembangkan menjadi Kawasan Wisata Pantai untuk keluarga, yang salah satunya adalah Wisata Pantai Indah Widarapayung yang terletak sekitar 25-30 km sebelah timur Kota Cilacap. Secara geografis, Wisata Pantai Indah Widarapayung posisinya lebih dekat dengan Kabupaten Kebumen yakni berjarak sekitar 15 km dari Kawasan Wisata yang terkenal seperti Kawasan Goa Jatijajar, Kawasan Goa Petruk dan lainnya. Akses jalan menuju Wisata Pantai Indah Widarapayung ini sudah cukup memadai, dimana jalan dari Wisata Pantai Indah Widarapayung ini menuju Kota Cilacap, maupun ke Kabupaten Kebumen sangat baik dan lokasi Wisata Pantai Indah Widarapayung hanya berjarak kurang dari 5 km dari jalan Provinsi (jalur lintas selatan Jawa). Disamping itu sepanjang Wisata Pantai Indah Widarapayung juga terdapat jalan selebar 6 m beraspal dalam kondisi baik, yang juga merupakan jalan alternatif Yogyakarta - Bandung, sehingga lokasi Wisata Pantai Indah Widarapayung ini sangat mudah dicapai dari berbagai arah. Beberapa objek wisata yang rencana akan dikembangkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap yaitu Wana Wisata Religi (Wisata Srandi, Selok) dan Pantai Srimbit membuat Kawasan Wisata Pantai Indah Widarapayung ini sangat prospektif untuk dikembangkan menjadi satu kawasan yang integrated dengan kawasan wisata yang berada di sekitarnya dengan Wisata Pantai Indah Widarapayung sebagai pusatnya.

Potensi Pasar
Perubahan gaya hidup masyarakat, akses informasi yang semakin baik, peningkatan kesejahteraan masyarakat serta adanya kesadaran dari masyarakat bahwa wisata atau rekreasi sudah menjadi kebutuhan yang penting, membuat masyarakat semakin sadar akan kebutuhan wisata ini. Wisata keluarga yang pada umumnya menggemari lokasi wisata yang mempunyai fasilitas lengkap dan nyaman, namun demikian sampai saat ini masih sangat sedikit lokasi wisata yang memenuhi syarat tersebut. Kawasan Wisata Pantai Indah Widarapayung mempunyai potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi satu kawasan wisata keluarga yang lengkap, karena di sebelah barat kawasan ini terdapat wana wisata Religi (Wisata Selok dan Srandil). Sedangkan sebelah timur di wilayah Kecamatan Nusawungu terdapat objek wisata Pantai Congot, Pantai Bungso, dan Cemara Sewu yang bersebelahan dengan Pantai Sarimbit, kawasan wisata Goa Jatijajar dan Goa Petruk Kabupaten Kebumen yang nantinya bisa dijadikan suatu kawasan wisata yang lengkap dan menarik bagi para pengunjung khususnya yang potensial, seperti pengunjung yang berasal dari Jawa Tengah, Yogyakarta maupun yang di perbatasan Jawa Barat.
Dari data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap tahun 2010 tentang jumlah pengunjung yang berwisata di Wisata Pantai Indah Widarapayung dari tahun ke tahun rata-rata mengalami peningkatan, yaitu pada tahun 2006 sebanyak 43.099 pengunjung, tahun 2007 sebanyak 63.683 pengunjung sampai tahun 2010 menjadi sebanyak 64.918 pengunjung.
Jadi, dengan lokasi yang sangat strategis, mudah untuk diakses, prasarana jalan yang baik maka kawasan Wisata Pantai Indah Widarapayung ini mempunyai selling point tersendiri apabila di kembangkan menjadi kawasan wisata yang terpadu yang tentunya untuk pengenalannya pun akan semakin mudah.

Aspek Teknis
Pengembangan kawasan wisata Pantai Indah Widarapayung diusulkan menjadi kawasan wisata Bahari untuk keluarga, sehingga senafas dengan usulan tersebut diperlukan tambahan sarana dan prasarana untuk melengkapi fasilitas yang ada, sehingga harapan untuk menjadikan Kawasan Wisata Bahari Keluarga dapat terwujud. Adapun fasilitas-fasilitas tersebut antara lain seperti :
·                     Kolam renang (kolam utama, kolam sedang, kolam anak, KM/WC, Shower bilas, dan tower terjun).
·                     Bangunan pendukung (Kantor Pengelola, Ruang Tiketing, fasilitas pelengkap, dan infrastruktur lainnya).
·                     Resort/Hotel/Motel (resort, landscape).
·                     Fasilitas Komersial (souvenir centre, pujasera, pertokoan ).
·                     Aquarium
·                     Taman Bermain Anak
Pengelolaan yang ada di kawasan wisata Wisata Pantai Indah Widarapayung ini perlu ditata ulang seperti pembangunan kolam renang, warung-warung dan lain-lainnya sehingga bisa dikelola secara tunggal, dapat efektif dan efisien serta dapat mengurangi kemungkinan terjadinya benturan kepentingan.

Aspek Keuangan
Hasil analisis kelayakan keuangan Wisata Pantai Indah Widarapayung dapat dilihat pada tabel berikut :
Analisis Kelayakan Keuangan Wisata Pantai Indah Widarapayung
No
Kriteria Investasi
Nilai
1
Net Present Value (NPV)
Rp 1.167.221.722,-
2
Internal Rate of Return (IRR) (tingkat bunga 16%)
19%
3
Pay Back Period (PBP)
4 tahun 11 bulan

Berdasarkan analisis kelayakan keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa Wisata Pantai Indah Widarapayung layak (feasible) untuk dilaksanakan atau dijalankan di Kabupaten Cilacap, karena dengan investasi awal sebesar Rp 50.000.000.000,-, umur usaha 10 tahun dan tingkat bunga 16% akan menghasilkan Net Present Value (NPV) positif sebesar Rp 1.167.221.722,- dan nilai Internal Rate of Return (IRR) 19% yang lebih tinggi dari tingkat bunga yang ditetapkan. Selain itu dalam waktu 4 tahun 11 bulan investasi awal sudah dapat kembali.

Analisis Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT)
Analisis SWOT pada Wisata Pantai Indah Widarapayung dapat diuraikan sebagai berikut:
·                     Strength (Kekuatan)
o                               Keinginan pemerintah kabupaten Cilacap dalam memajukan wisata bahari di Kabupaten Cialcap.
o                               Penerbangan Cilacap – Jakarta setiap hari (3 x sehari PP)
o                               Keramah tamahan masyarakat lokal kepada wisatawan.
o                               Lokasi yang sangat strategis.
o                               Keanekaragaman objek wisata alam di sekitar Wisata Pantai Indah Widarapayung sebagai obyek wisata penunjang.
o                               Lokasi Wisata Pantai Indah Widarapayung yang luas.
o                               Telah ada Pelabuhan Laut Internasional (bongkar/muat barang)
·                     Weakness (Kelemahan)
o                               Tidak memiliki SDM yang handal dibidang tourism
o                               Infrastuktur pendukung objek wisata yang kurang memadai
o                               Belum ada penerbangan langsung dari dan ke LN 
o                               Kurangnya sarana akomodasi yang memadai
o                               Belum tergarapnya promosi wisata yang menarik
·                     Opportunity (Peluang)
o                               Wisata Pantai Indah Widarapayung memiliki potensi alam yang mempesona terutama laut.
o                               Masih terbukanya pasar wisata bahari, dan wisata religi.
o                               Dekat dengan lokasi wisata di daerah Kebumen.
·                     Threat (Ancaman)
o                               Kurangnya kesadaran masyarakat lokal untuk turut menjaga kebersihan.
o                               Adanya persaingan pemasaran wisata antara daerah ataupun Negara, dimana promosi yang dilakukan lebih gencar, mengingatkan para pihak pelaku untuk mengambil langkah tepat dalam pemasaran.

Kesimpulan 
Berdasarkan analisa daya dukung wisata dengan menggunakan teknik SWOT menunjukkan pengembangan wisata bahari di Wisata Pantai Indah Widarapayung dapat dijalankan. Beberapa strategi yang dapat dijalankan antara lain: 1) mengembangkan wisata berbasis potensi laut, 2) mengembangkan infrastruktur untuk mendukung pariwisata, 3) mengoptimalkan jadwal kunjungan wisatawan dengan membuat tour schedule yang baik, 4) mempromosikan potensi wisata Wisata Pantai Indah Widarapayung dengan sangat gencar.

Berdasarkan analisis dari aspek ekonomi, finansial dan produksi, dengan investasi mengembangkan wisata bahari Wisata Pantai Indah Widarapayung sebesar Rp 50.000.000.000,- akan mendapatkan nilai IRR sebesar 19,0% yang berarti lebih besar dari tingkat bunga sekarang yaitu 16%, dan nilai NPV sebesar Rp 1.167.221.722,- yang berarti NPV > 0, hasil ini menunjukkan proyek layak dijalankan. Dengan pay back period adalah 4 tahun 11 bulan investasi awal sudah kembali.


Source: Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Cilacap
Pengelolaan Pantai Indah Widarapayung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar