Monday, April 22, 2013

agama memainkan peran penting pada kehidupan individual maupun bangsa


Dalam beberapa ayat alquran memerintahkan kaum muslimin untuk manghormati para penganut agama non islam dan melarang mereka menghina agama-agama itu atau merusak tempat ibadah mereka.non islam juga mempunyai hak-hak politik yang dimaksud politik pada kajian ini adalah hal-hal yang menyangkut kepemimpinan dan jabatan dalam pemerintahan .kepemimpinan dalam islam adalah sesuatu yang niscaya karena ia diperlukan untuk memastikan berlakunya hkum dan peraturan-peraturan alquran sebagai salah satu aspek penting dalam syari’at islam.Khalifah sebagai pemimpin politik tidak lagi merupakan otoritas dalam agama .Kepemimpinan dalam agama ditangani oleh para ulama .maka dapat dikatakan bahwa ayat-ayat alquran yang mengatur hubungan antara kaum muslimin dengan orang-orang non muslim dalam masalah-masalah social dan politik tetap berada dalam garis keadilan .Perbedaan kepada mereka semata-mata disebabkan oleh perbedaan kewajiban yang harus ditanggung oleh  masing-masing kelompok namun dalam bidang politik mayoritas muffasir bersepakat bahwa umat islam tidak diperbolehkan mengangkat non muslim menjadi pemimpin berdasarkan petunjuk dari beberapa ayat-ayat alquran .meskipun demikian dalam sejarah umat islam ,beberapa orang non muslm mendapatkan kesempatan menduduki jabatan tertentu di pemerintahan ,seperti direktur sekolah dan dokter kerajaan.perjalanan islam Indonesia sendiri .Di indoesia sendiri perkembangan umat islam mengalami perubahan-perubahan kearah dinamika yang lebih baik setelah keterpasungannya di era orde baru ,salah satunya adalah dengan pembentukan icmi sebagai salah satu solusi bagi umat islam untuk mengakhiri hubungan yang tegang antara islam dan Negara .oleh karena itu mayoritas pemuka islam di Indonesia mendukung terbentuknya ICMI ,namun salah satu pemuka islam terbesar di Indonesia yaitu gusdur krg mendukung karena salah satunya alasan psikologis yaitu tidak dilibatkannya gusdur dalam pembentukan ICMI tersebut.Berdirinya ICMI juga merupakan indikasi bahwa umat islam Indonesia perduli akan perlunya hberbuat banyak untuk bangsa dan masyarakat ,kerena mereka menyadaribahwa umat islam adalah mayoritas di Negara ini.satu hal paling mencolok ialah ICMI berhasilmenciptakan segelintir masyarakat muslim menikmati kekuasaan ,tetapi tidak mengubah secara signifikan kondisi rakyat Indonesia .Oleh sebab itu ,di satu sisi ICMI menjadi solusi bagi kondisi saat Negara begitu kuat ,pada sisi lain tidak efektif karena terkerangkeng dan tercengkram untuk melakukan kegiatan lebih besar.Pemerintah Indonesia pada masa orba hanya mendukung aktivitas agama berbentuk ibadahdan tidak dimanifestasikan sebagai kekuatan politik .keadaan tersebut menjadikan umat islam berhadapan dengan pemerintah ,sehingga pada umumnya para ulama,tokoh agama dan intelektual muslim mengambil sikap cukup kritis dan bahkan oposisi terhadap pemerintah .Pada dasawarsa ini umumnya fatwa-fatwa ulama mewajibkan umat islam untuk memilih partai islam dalam pemilu .Hal ini mengakibatkan ketegangan antara umat islam dengan pemerintah .Melihat persoalan tersebut ,pemerintah pun berusaha mengatasinya ,antara lain ,dengan berinisiatif untuk membentuk majelis ulam indonesiam(MUI) pada tahun 1975 .Organisasi baru ini berfungsi : (1)memberikan fatwa atau nasihat tentang masalah-masalah agama dan masalah-masalah sosial ,(2)meningkatkan persaudaraan (ukhuwah)islam serta memelihara sikap toleran dengan kelompok-kelompok agama lain ,(3)mewakili umat islam dalam komunikasi dengan pemeluk agama lain dan (4)bertindak sebagai media komunikasi antara ulama dengan pemerintah.Ulama berperan pada masa orde baru masih cukup besar ,meski tak sebesar masa yang sebelumnya .Peran utama dalam memerkuat eksistensi masyarakat madani (civil society)di Indonesia ,disaat kelompok masyrakat lain dan bahkan masyarakat politik (political society) kurang berdaya vis a vis Negara (state) yang dijalankan oleh pemerintah otoriter.hanya saja kiprah ini masih kurang optimal disebabkan oleh beberapa factor ,baik factor eksternal maupun internal terutama sistem social dan politik yang ada serta kebijakan pemerintah tentang islam. greg barton seorang peneliti yang meneliti tentang islam memfokuskan penelitiannya pada dunia islam dan sejarahnya sebagai tititk pemberangkatan kita agar dapat melihat bagaimana islam berfungsi sebagai kekuatan yang pada masa itu melahirkan cendekiawan islam yang neo modernis yang kemudian menjadi kekuatan islam besar di negeri ini.Titik tolak kbangkitan islam kembali ke ranahpolitik di tandai dengan Kejatuhan pemerintahan orde baru yang membawa dampak pada kembali peran ulama yang lebih besar .Dlam hal ini kemunculan K.H Abdurahman wahid sebagai presiden RI-ke 4 telah menaikkan citra ulama ,dimana mereka tidak lagi dikesankan hanya berkutat dengan kitab-kitab kuning yang sebagiannya kurang relevan dengan masa kini ,tetapi juga mampu meresponsi perkembangan social dan politik masa kini Gus dur oleh barton juga diimplementasikan sebagai pendekar gerakan neo medernis yang melakukan islam cultural ,yang jg terjun k pkb sebagi inisiator dan iudeolog PKB (partai kebangkitan bangsa) .Terlebih dengan kenaikannya menjadi presiden yang membawa angin segar bagi para cendekiawan muslim yang terjun ke duni politik dimana dunia politik islam di Indonesia tidak lagi terpasung.
Membicarakan pergerakan dan dinamika yang ada dalam Negara islam kita tidak bisa melepaskan dari mesir sebagi Negara islam yang dianggap kuat sebagai titik tolak demokrasi di mesir  Qta akan ,menilik sejarah  pemerintahan mesir terlebih dahulu  pasca pemerintahan anwar sadat ,kekalahan mesir dalam peperangan enam hari dengan Israel pada bulan juli 1967 telah menjatuhkan paham sosialis Nasser .Paham sosialisasinya diteruskan dan mencapai puncaknya setelah ia meninggal  dunia pada 28 september 1970 ,penggantinya anwar sadat .setelah evaluasi itu sadat mengambil suatu garis berbeda .Segera setelah pengangkatannya sebagai presiden mesir yang baru ,ia mulai bergerak mendekati Negara-negara konservativ yang kaya ,seperti Saudi Arabia dan Syria diman naser menuduhnya sebagai Negara-negara reaksioner .Dalam hubungannya dengan kehidupan politik,sadat mulai mengakomodasi tuntutan demoratisasi .Ia mengijinkan pendirian partai politik namun ia membatasi partai politik .Untuk mengontrol aktitas politik sadat memperkenalkan demokrasi paternalistic .Dalam pandangan sadat demokrasi semacam ini merupakan penafsiran rasional dari prinsip keenam revolusi yang disebutkan dalam piagam nasional :penegakan kebebasan berpendapat dalam sistem demokrasi .menurut pemikir hasan hanafi menyebut demokrasi paternalistic ini dengan sosialisme demokratis .dalam modifikasi sosialismenya ini sadat menyampaikan tiga alasan (1)doktrin sosialisme dapat diubah sesuai situasi(2).setiap kelompok dalam masyarakat punay hak untuk mengespresikan diri tanpa campur tangan dari yang lain.(3)semua usaha ditujukan pada aspek produksi bukan distribusi ,sebab hal penting dalam ideology baru adalah pengembangan bukan distribusi.Disamping gerakan-gerakan modernis yang cenderung pada liberalisme dan sekularisme ,sejarah mesir juga sering dihubungkan dengan pergerakan fundamentalis islam .Gerakan fundamentalis islam telah mewarnai kondisi social-politik sejak kemunculnnya dalam wujud organisasi seperti ikhwan al-muslimin. Oleh kerena itu mustahil untuk mengkaji kondisi social-politik mesir tanpa memertimbangkan gerakan fundamentalisme islam .
Dari semua kajian diatas tepatlah bila dikatakan agama khususnya agam islam  memainkan peran penting pada kehidupan individual maupun bangsa .karena agama berisi ajaran yang menguatkan mentalits bangsa dan individu serta sebagai penyeimbang dalam sebuah Negara .Dimana gerakan islam juga di dasari oleh ketulusan dalam membangun suatu Negara menjadi lebih baik ,adil ,sejahtera serta mempunyai pemerintahan yang bersih .baik dengan jalan politis maupn apolitis Dan diharapkan islam dapat membawa serta dampak baik dalam pmerintahan suatu Negara menjadi lebih baik.

No comments:

Post a Comment