Dalam pelayanan publik baru,
keterlibatan warga negara tidak terbatas untuk menetapkan prioritas. Pada
kenyataannya, kita harus mengelola organisasi publik sehingga dapat
meningkatkan dan mendorong keterlibatan warga negara dalam semua aspek dan fase
pembuatan kebijakan dan proses pelaksanaan. Melalui proses ini, warga datang
untuk melihat diri mereka sebagai warga negara, bukan sebagai konsumen, klien,
dan penerima manfaat dari administrasi negara (Stivers 1990,96).
Masyarakat dicirikan oleh interaksi
sosial, rasa berbagi tempat, dan obligasi umum. Ciri-ciri ini berkontribusi
pada kekompakan dan solidaritas masyarakat dengan hubungan sosial di antara
para anggotanya ditandai dengan saling membantu, kerjasama, dan holistik ikatan
berbeda dengan tersegmentasi, hubungan impersonal" (388). Dalam masyarakat
seperti ini, warga dan pelayan publik telah saling bertanggung jawab untuk
mengidentifikasi masalah dan menerapkan solusi. Dalam lingkungan ini,
satu-satunya cara untuk menerapkan kebijakan adalah menawarkan insentif dan
disinsentif untuk memodifikasi pilihan tertarik diri individu.
Dalam pelayanan publik baru, warga dan
administrator berbagi tanggung jawab dan bekerja sama untuk melaksanakan
program. Dalam prosesnya, warga belajar lebih banyak tentang pemerintah dan
pemerintah belajar lebih banyak tentang warga. Mengevaluasi
alternatif-alternatif sesuai dengan potensi mereka kontribusi untuk
meningkatkan kewarganegaraan, termasuk: "(1) kepercayaan warga dalam
pemerintahan, (2 ) warga kemanjuran, (3) konsepsi bersama kepentingan umum. Berkenaan
dengan privatisasi, Levine berpendapat bahwa biasanya akan menghasilkan
efisiensi karena keuntungan memilih antara penawar kompetitif. Namun, dalam
model privatisasi, cita-cita menjadi salah satu pemerintah yang ada untuk
menyediakan lingkungan yang kompetitif di mana perusahaan memberikan pelayanan
kepada konsumen dengan atau tanpa kontrak pemerintah. Sebaliknya warga
dipandang dan diperlakukan hanya sebagai konsumen dari layanan diprivatisasi
berperilaku sama seperti mereka akan membeli layanan dari bisnis.
Selengkapnya dapat di download pada:
http://www.4shared.com/office/lSrzBZPI/Resum_MPP.html
No comments:
Post a Comment