Suwarto (1999:158) dalam Tangkilisan mengemukakan
bahwa suatu organisasi akan menunjukkan kinerja yang tinggi jika aspek
kepemimppinan dan struktur memberikan fokus dan pengarahan dalam upaya
mendorong seluruh karyawan pada suatu tujuan yang sama, yaitu tujuan
organisasi. Setiap anggota organisasi harus sependapat mengenai siapa melakukan
apa, dan setiap anggota harus menyumbang secara sama dalam berbagai beban
kerja. Disamping itu, anggota organisasi juga menetapkan jadwal, ketrampilan
yang diisyaratkan untuk dikembangkan, bagaimana mengambil dan memodifikasi
keputusan-keputusan, bagaimana kelompok akan memecahkan konflik, dan bagaimana
menyepakati suatu hal yang spesifik dalam pekerjaan, sehingga untuk memadukan
ketrampilan individu-individu tersebut diperlukan kepemimpinan dan struktur
yang tepat.
Struktur
organisasi berkaitan dengan hubungan yang relative tetap di antara tugas-tugas
yang ada dalam organisasi. Proses untuk menciptakan struktur tersebut dan
pengambilan keputusan tentang alternatif struktur disebut dengan nama desain
organisasi. Di dalam struktur organisasi membahas cara organisasi membagi tugas
di antara anggota-anggota organisasi dan menghasilkan koordinasi di antara
tugas-tugas tersebut.
No comments:
Post a Comment